Tuesday, November 13, 2012

BEDUGUL

OBJEK WISATA BEDUGUL


Bedugul adalah objek wisata Bali yang terletak di perbukitan dengan cuaca yang sangat sejuk dimana di bedugul juga terdapat danau yang bernama danau beratan. Objek wisata bedugul terletak di desa Candi Kuning, Kecamatan Baturit kabupaten Tabanan. Dari ibukota Denpasar menuju lokasi ini dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih dua jam atau berjarak sekitar 90 km mengikuti jalan raya Denpasar menuju arah Singaraja, dengan kondisi jalan yang menanjak. Bilamana sudah mendekati Bedugul atau memasuki desa Pacung, kecamatan Baturiti, maka udara akan semakin dingin dan kadang-kadang berkabut serta seringkali turun hujan, karena kawasan ini berada pada ketinggian antara 1.250 – 1.400 meter di atas permukaan laut. Terdapat beberapa objek wisata yang ada di Bedugul, diantaranya, Kebun Raya Eka Karya, Pasar Candi Kuning, Danau Beratan, Danau Tamblingan, dan Danau Buyan.
Kebun Raya ini merupakan salah satu dari empat kebun raya yang ada di Indonesia dan lebih dikenal dengan sebutan Kebun Raya Bedugul. Objek wisata ini didirikan sejak 15 juli 1959. Awalnya, pendiriam kebun raya ini hanya diperuntukan bagi tumbuhan jenis coniferae, meskipun kini telah berubah menjadi objek wisata Bedugul. Kebun Raya ini memiliki koleksi tanaman yang mencapai kira-kira 16.000 tanaman yang terdiri dari 1.500 jenis, 320 marga, dan 155 suku tumbuhan. Jumlah tersebut akan terus bertambah dari tahun ke tahun. Saat memasuki kawasan Kebun Raya Eka Karya, Anda akan menjumpai gerbang utama yang berbentuk candi bentar (terbelah) seperti yang biasa ditemui di pura-pura Pulau Dewata. Setelah itu, di sepanjang Boulevard Ramayana Anda akan disuguhi pemandangan eksotis yang mengandung wacana sastra lama. Ada jalinan kisah Ramayana yang tersaji melalui deretan 9 patung berukuran besar. Di kanan-kiri patung-patung berjejer deretan bunga kana berwarna merah dengan latar belakang rumput hijau dan lebatnya hutan di kejauhan.
Banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan selama mengunjungi kebun raya ini. Rombongan keluarga biasanya akan duduk-duduk di atas rumput hijau sambil mengawasi anak-anak mereka yang berlarian kesana kemari. Bagi Anda yang suka berpetualangan dapat mencoba berbagai permainan high rope yang tersedia di kawasan ini. Bagi Anda yang ingin berjalan-jalan menyusuri kebun raya ini, pengelola Kebun Raya Bali telah membagi rute perjalanan menjadi beberapa jalur, yakni jalur kuning, jalur ungu, jalur merah, jalur biru, dan jalur burung.
Kebun Raya Bali tentunya memiliki berbagai fasilitas dan sarana pendukung yang memberi kemudahan bagi wisatawan. Fasilitas tersebut antara lain: ruang pertemuan Nayaka Loka, Pura Ulun Danu, gedung pusat informasi, koperasi, stand suvenir, stand penjualan tanaman, kafe, dan perpustakaan. Perpustakaan yang ada di Kebun Raya Bali memiliki koleksi buku lengkap di bidang botani, pertanian, pertamanan, komputer, koran, dan majalah.
Karena lokasi dari satu tempat ke tempat lain berjauhan, wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi untuk menempuhnya. Jika saja pemerintah memberikan transportasi umum, tentu perjalanan akan semakin cepat. Akses menuju toilet atau kamar mandi juga berjauhan. Wisatawan yang ingin buah air harus berlari ataupun mengendarai kendaraan agar sampai dengan cepat. Dengan ditambahnya kamar mandi atau toilet disekitar kebun raya, dapat mempersingkat waktu dan tentunya liburan akan jadi lebih menyenangkan.

No comments:

Post a Comment